Tips Sukses Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Salam penuh jiwasukses

Tetaplah berbagi teruslah berkarya :)

Horeee!!

Kita bisa sukses! :)

Rasa percaya diri itu tak dapat dibeli mereka hanya dapat dimiliki, nah bagaimana cara kita memiliki itu semua? yuk tetap ikuti tulisan ini ya 🙂

Sobatku…….

Tidak semua orang memiliki percaya diri yang tinggi, ada juga orang yang minder dan merasa tak pede, nah jika rasa minder ini terus kita diamkan tanpa usaha untuk menumbuhkan rasa percaya diri maka tanpa kita sadari hal tersebut dapat menghambat kesuksesan kita. Coba bayangkan sejenak, Bagaimana Mungkin kita bisa bergaul dan bermasyarakat dengan baik jika kita Minder sangat??? **Apa jadinya ya? 🙂 orang pun terkadang malas dan enggan bergaul dengan kita,akhirnya kita sedikit sekali memiliki teman atau mungkin bisa juga tak memiliki teman karena kebiasaan kita yang terus menyepi dan sendiri.

Nah,sobat jiwa sukses…….

kali ini saya akan coba share pada sobat pembaca semua bagimana cara kita untuk menumbuhkan rasa percaya diri itu agar tak minder lagi?

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Rasa percaya diri tidak datang dari luar diri anda. Demikian juga rasa percaya diri itu tidak bisa anda beli di toko. Rasa percaya diri itu tumbuh dari dalam diri anda sendiri setelah anda mengupayakannya. Tanpa upaya yang anda lakukan, rasa percaya diri ini tidak akan pernah tumbuh di dalam diri anda.
Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, anda harus melakukannya sendiri sebab tidak ada orang yang bisa memberikan rasa percaya diri itu kepada anda. Anda bisa mulai menumbuhkan rasa percaya diri itu dengan dua cara sederhana di bawah ini.
1.Kepercayaan diri di bangun atas pengalaman sukses.
 
Pada saat pertama kali memulai sesuatu – mungkin belajar mengemudikan mobil, atau belajar berenang – kemungkinan besar kepercayaan diri kita masih kecil karena kita belum belajar dari pengalaman bahwa kita bisa sukses. Walaupun kepercayaan diri masih kecil tetapi kita mau mengambil tindakan yang pertama kali maka akan muncul hasil – mungkin anda masih banyak melakukan kekeliruan atau kesalahan saat melakukan tindakan itu tidaklah menjadi masalah – dan hasil ini bila tidak sesuai harapan maka itu namanya gagal dimana kegagalan ini merupakan umpan balik negatif. Kekeliruan dan kesalahan yang kita buat sewaktu bertindak ini, kemudian kita perbaiki lalu kita mencoba lagi untuk bertindak dengan cara yang berbeda. Setelah beberapa kali melakukan, mengalami salah atau gagal dan memperbaiki kesalahan itu, maka suatu saat tindakan kita akan menghasilkan sesuatu yang sesuai harapan atau sukses.
Sukses yang pertama kita alami inilah yang pada akhirnya akan membuat diri kita lebih percaya diri. Dan selanjutnya kita akan lebih percaya diri dan lebih berani dalam melakukan hal itu. Sehingga kita akan melakukan dengan totalitas dan ujung-ujungnya sukses yang lebih besar akan datang.
Kuncinya : Beranikan diri untuk mencoba. Setelah mencoba kita akan mengalami dan dari pengalaman ini maka akan muncul percaya diri.
2.Membiasakan diri mengingat pengalaman sukses
 
Kepercayaan diri bisa tumbuh bila kita mulai membentuk kebiasaan mengingat sukses-sukses di masa lalu dan melupakan kegagalan-kegagalan di masa lalu.
Tidak menjadi soal seberapa sering anda gagal di masa lalu. Yang penting adalah upaya sukses yang seharusnya anda ingat, anda kuatkan, dan anda renungkan.
Perlu kita ingat bahwa setiap sukses yang di raih seseorang tidak terlepas dari bayang-bayang kegagalan – termasuk di dalamnya kekecewaan, frustrasi, dan keterhinaan.
Mengingat-ingat kegagalan akan membuat diri kita merasa inferior dan kehilangan kepercayaan diri. Dan ini akan melenyapkan semangat dan keberanian anda.
Sebaliknya mengingat-ingat kesuksesan yang pernah anda alami, tidak peduli sukses sekecil apa pun akan merangsang kita untuk bersemangat dan menumbuhkan rasa percaya diri.
Anda bisa berlatih untuk menghadirkan kembali pengalaman sukses itu dengan cepat dan mudah melalui latihan sebagai berikut : Duduklah rileks, masuki keheningan saat ini. Setelah anda hening, Visualisasikan sukses-sukses anda sebelumnya. Munculkan gambar, suara & perasaan seperti yang pernah dialami sebelumnya. Dan nikmati pengalaman ini sampai perasaan semangat itu di bangkitkan. Upayakan untuk melakukan latihan ini setiap hari. Dengan melakukan ini anda bisa mempertahankan semangat sepanjang hari.
Rasa percaya diri itu sangat penting buat seseorang, karena kunci utama keberhasilan itu terletak pada kepercayaan pada diri sendiri, demikian di ungkapkan oleh Ralp Waldo Emerson., penulis puisi, esai dan filsuf.
Menumbuhkan rasa percaya diri itu merupakan tanggung jawab pribadi anda, sebab anda sendirilah yang akan menjalani kehidupan ini.

Semoga setelah membaca catatan sederhana ini,sobat tidak minder lagi ya? 🙂

Ayoo,saatnya membangun kepercayaan diri untuk meraih kesuksesan kita 🙂

Semangatttttt……………

(Share Happiness arsipjiwasukses)

Sekilas Info :

bagi anda para pecinta Army,(seragam perlengkapan Militer) mencari suplier perlengkapan tni, bisa kunjungi di www.ramadistro.com atau www.ramadistro.wordpress.com atau www.ramadistromiliter.wordpress.com
Line : ramadistro.com
Rekomen seller,insyaallah Amanah dan terpercaya 🙂

Silahkan saya Perbolehkan Mencopas bagian dari isi dan artikel keseluruhan di arsipjiwasukses dengan catatan Mohon Sumber www.arsipjiwasukses.wordpress.com dicantumkan dalam artikelnya,dengan begitu anda sudah menghargai karya orang lain. :) .Terimakasih.Semoga Bermanfaat,………

Mari Berkarya Dengan Santun dan Penuh Etika dan saling menghargai :)

Silahkan beri komentar ya…, tanya, kritik,saran atau menambah
Komentar Anda akan turut menyempurnakan ilmu kami,agar lebih baik dan berharga buat pembaca lainya. Salam Santun! N.A.Mancunk

 

Satu pemikiran pada “Tips Sukses Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Tinggalkan komentar